Dari Mata Turun Ke Rel Lalu Ke Hati

081114_kebakaran kampung Dao_Khairuddin safri 1Beginilah sisa-sisa kebakaran rumah baca untuk anak-anak Kampung Dao, Ancol, Jakarta Utara.

Tidak ada lg buku yang layak dibaca sebagai gudang ilmu untuk mereka.

081114_kebakaran kampung Dao_Khairuddin safri 14

081114_kebakaran kampung Dao_Khairuddin safri 2

081114_kebakaran kampung Dao_Khairuddin safri 6081114_kebakaran kampung Dao_Khairuddin safri 8

081114_kebakaran kampung Dao_Khairuddin safri 4

081114_kebakaran kampung Dao_Khairuddin safri 12

081114_kebakaran kampung Dao_Khairuddin safri 7

Selasa sore (13/5), tidak sekedar hunting foto, dua anggota komunitas tOekangpoto Indonesia frame Jakarta mengunjungi kampung Dao, Hesty Ambarwati dan Khairuddin Safri. “Ini kang, ada titipan donasi dari temen utk rumah baca” ujar Hesty kpd kang Ridwan Prembunan salah seorang relawan rumah baca di kampung tersebut. Ya, mereka datang dalam rangka menyalurkan donasi. Beberapa minggu lalu, rumah baca ludes menjadi korban kebakaran. Semua barang dan buku2 hangus tak tersisa. Khairuddin sempat pula mengabadikan sisa kebakaran saat itu untuk diposting ke Social media sebagai tanda keprihatinan.
Komunitas tOekangpoto meyakini bahwa fotografi dapat menjadi sarana untuk mengabarkan misi kemanusiaan. Rekan2 penulis mungkin bisa merangkai kata menjadi dramatis, namun pembaca atau para calon donatur akan lebih merasakan dan tambah empati dengan foto2 yang disampaikan para tOekangpoto sebagai laporan pandangan mata. Kerap kali foto dapat berbicara lebih, karena unsur pembuktian. 
Kampung Dao dgn berbagai polemiknya, warga pendatang yang hanya mampu menghadirkan kelayakan tempat tinggal di pinggir rel tak terpakai. Anak-anak mengenyam pendidikan ala kadarnya bahkan ada yang putus sekolah. Amat sangat terbantu dengan kehadiran relawan yang mendirikan rumah baca. Namun kini rumah baca masih belum berdiri kembali. Ada asa terpancar dari para warga dan anak2 akan hadirnya bangunan tersebut. Agar mereka tidak sekedar pasrah dgn kondisi belajar ala kadarnya, namun bisa kembali meningkat dgn adanya rumah baca tersebut.

Komunitas tOekangpoto hanya sekedar ingin menghadirkan perihal “Dari Mata Turun Ke Rel lalu Ke Hati


Dengan kamera smartphone, Khairuddin Safri merekam kunjungan mereka ke kampung Dao, Ancol, Jakarta Utara
‪#‎FotografiPeduli‬ ‪#‎FotografiKemanusiaan‬

IMG_00002310_edit

IMG_00002352_edit1

IMG_00002342_edit

IMG_00002330_edit

Foto-foto: Khairuddin Safri / komunitas tOekangpoto frame Jakarta

Advertisements